10 Langkah Diet untuk Pasien Diabetes Mellitus yang Berpuasa

1 min read

tips diet pasien diabetes di bulan puasa

Ramadan adalah Bulan Suci Umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang mayoritas pemeluk agama Islam. Berpuasa merupakan kondisi yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi pasien diabetes maupun bagi dokter yang menanganinya, karena ada potensi terjadinya efek samping seperti hypoglycemia (gula darah terlalu rendah), hyperglycemia (gula darah terlalu tinggi) dan bahkan dehidrasi.

Sepuluh prinsip perencanaan nutrisi diet bagi penderita Diabetes Mellitus selama Bulan Ramadan adalah sebagai berikut :

  1. Konsumsi total kalori dengan jumlah yang cukup, terbagi dalam dua kali makan (30-40% saat Sahur dan 40-50% saat Berbuka Puasa), dan bila diperlukan diselingi 1-2x snack di antaranya. Kebutuhan kalori laki-laki 1800-2200 kkal/hari, wanita 1500-2000 kkal/hari
  2. Makanan harus seimbang, terdiri dari karbohidrat sebanyak 45-50% total kebutuhan kalori; protein 20-30% total kalori (terdiri dari polong-polongan, ikan, unggas, atau daging tanpa lemak), dan lemak (lemak tak jenuh lebih disarankan) sekitar < 35% kebutuhan kalori
  3. Gunakan metode “Piring Ramadan” untuk mengatur makanan
  4. Makanan penutup tinggi gula harus dihindari setelah waktu berbuka dan diantara makan. Makanan penutup yang sehat dalam jumlah sedang diperbolehkan, misalnya buah atau 1-2 biji kurma
  5. Pilih karbohidrat dengan Index Glikemik rendah, terutama yang mengandung tinggi serat (lebih disarankan gandum utuh). Konsumsi karbohidrat dari tumbuh-tumbuhan , buah utuh, yoghurt dan produk susu sangat disarankan. Karbohidrat dari gula dan gandum yang telah diproses (misal tepung dan kanji jagung, nasi putih dan kentang) harus dihindari atau sangat diminimalisir
  6. Pastikan meminum cukup air dan minuman tanpa pemanis pada atau antara 2 makan utama. Minuman berpemanis, jus dalam kemasan, atau jus buah segar dengan tambahan gula harus dihindari. Konsumsi minuman berkafein (misalnya kopi) harus diminimalkan karena menyebabkan kencing lebih banyak
  7. Makan lah sahur sedekat mungkin dengan waktu imsak
  8. Konsumsi protein dan lemak dengan jumlah yang cukup pada saat Sahur agar Anda merasa lebih kenyang
  9. Berbuka puasa dimulai dengan minum air putih untuk mengatasi dehidrasi dan 1-2 buah kurma kering atau segar untuk menaikkan kadar gula darah
  10. Bila diperlukan, snack dengan 1 buah, segenggam kacang, atau sayuran dapat dikonsumsi diantara 2 makan utama (Sahur dan Berbuka). Beberapa orang lebih nyaman dengan berubuka puasa menggunakan snack dan kemudian makan besar lebih malam (Dr RR)

 

 

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *