Mulai Bergerak dengan Suatu Rencana Kebugaran

1 min read

Kebugaran adalah bagian yang penting dalam mengelola diabetes tipe 2. Kabar baiknya, Anda hanya perlu mulai bergerak. Anda tidak perlu menjadi altet pelari maraton yang ekstrim. Anda dapat memulai dengan kegiatan sederhana seperti berjalan lambat atau bersepeda kelililing di sekitar blok rumah Anda. Kuncinya adalah menemukan kegiatan yang Anda sukai dan melakukannya sesering mungkin.

Inilah cara untuk memulai:

  • Kerja sama dengan dokter Anda untuk menentukan tingkat aktivitas fisik yang boleh Anda lakukan
  • Tentukan berapa jam Anda dapat berkomitmen dalam sehari untuk berolahraga
  • Tetapkan tujuan Anda dalam menjadi bugar—memiliki sasaran dapat membuat Anda tetap termotivasi
  • Pertimbangkan dimana Anda akan memulai berolahraga—gimnasium, lingkungan rumah, atau di taman?
  • Masukkan berbagai aktivitas dalam kebiasaan sehari-hari Anda
  • Mulai pelan-pelan dan berikan diri Anda waktu pemulihan
  • Catat semua kegiatan Anda dan fokus dengan tujuan-tujuan Anda
  • Dengarkan tubuh Anda

Olahraga untuk diabetes dan cara mendapatkan keuntungan

Olahraga yang rutin dapat membuat Anda kembali memegang kendali atas hidup Anda sendiri.

Jika Anda tidak memiliki minat untuk berolahraga secara rutin, menyusun rencana olahraga yang rutin dapat menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan.

Namun, Anda harus ingat, bersama diet dan obat, aktivitas fisik yang rutin merupakan bagian yang penting dalam pengelolaan diabetes atau prediabetes. Karena saat beraktivitas, sel-sel Anda dapat menjadi lebih sensitif terhadap insulin dan bekerja lebih efektif. Dan Anda akan merasa dan tampak lebih baik.

Jadi, bagaimanapun Anda ingin melakukannya—jalan-jalan secara rutin sekitar rumah, berlari, atau ikut suatu maraton—memulai adalah kunci yang terpenting.

Mulailah bergerak. Tetapi, mulai bergerak dengan aman.

Status fisik Anda saat ini tidak penting. Jika Anda belum pernah menginjak ke dalam suatu gymnasium, tidak apa-apa—yang penting Anda sekarang mulai melakukan aktivitas fisik. Jika Anda selama ini tidak terlalu aktif dan khawatir mengenai kesehatan Anda, sangat penting untuk Anda berkonsultasi dengan dokter Anda dan memulai kegiatan fisik secara pelan-pelan.

Berjalan pelan-pelan adalah kegiatan awal yang sangat bagus—dan merupakan suatu kebiasaan yang bagus untuk diterapkan dalam kehidupan Anda. Berjalan dengan orang yang Anda sayangi atau dengan diri sendiri sambil mendengarkan buku audio. Tetapkanlah gol setiap hari dan pastikan Anda mencapai sasaran tersebut dan Anda akan merasa bahwa kendali atas hidup Anda kembali ke tangan Anda.

Perubahan-perubahan kecilpun sangat bermakna

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam memulai atau pusing dengan ide memulai hidup lebih aktif, masukkan ke hati bahwa: setiap perubahan yang Anda lakukan, sekecil apapun, akan merubah kemampuan Anda dalam menangani diabetes.
Menurunkan berat badan hanya 5-7kg dapat memberikan dampak besar yang positif terhadap kesehatan Anda. Kekuatan untuk berubah berada ketat di tangan Anda—jadi mulailah bergerak hari ini.

Sumber: https://www.diabetes.org/fitness

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *