Manajemen Pengobatan Pada Diabetes

1 min read

Dapatkan cara mengatasi pengobatan pada diabetes. 

Semakin banyak yang Anda ketahui, semakin baik dan nyaman perasaan Anda.

Diabetes Tipe 1 artinya harus menggunakan insulin. 

Akan tetapi, jika Anda memiliki diabetes tipe 2, rencana pengobatan dapat berubah tergantung diri Anda. Beberapa orang dapat mengatasinya dengan diet yang sehat dan olah raga, atau dengan obat oral, sedangkan yang lain mungkin juga memerlukan insulin. 

Perubahan regimen obat waktu ke waktu sudah hal yang biasa. Dan itu merupakan hal yang bagus. Yang paling penting adalah membuat anda merasa diri terbaik Anda.

Medikasi Oral: Mendapatkan Obat yang Tepat

Terdapat berbagai macam obat-obat diabetes dengan cara kerja yang berbeda-beda dalam menurunkan gula darah Anda. Terkadang terapi tunggal dengan satu macam obat sudah cukup, tetapi pada kasus lain, dokter Anda dapat meresepkan obat kombinasi.

Panduan Cepat untuk Insulin  

Jika Anda baru saja memulai menggunakan insulin, mungkin Anda akan membutuhkan sedikit waktu untuk terbiasa. Dengan sedikit latihan, Anda akan menjadi jago dalam waktu yang singkat.

Insulin adalah hormone natural dari tubuh yang dilepaskan oleh organ pancreas Anda. Jika Anda diresepkan insulin, itu mungkin karena badan Anda sudah tidak dapat memproduksinya lagi (diabetes tipe 1) atau badan Anda tidak dapat menggunakannya dengan baik (diabetes tipe 2). Terdapat banyak tipe insulin yang dijual yang berebeda dalam cara pembuatannya, cara kerjanya di dalam tubuh, dan harganya. Insulin juga tersedia dalam kekuatan yang berbeda-beda – paling sering, U-100. Dokter Anda akan membantu Anda dalam mendapatkan tipe insulin yang tepat sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.

Cara Kerja Insulin

Dalam penggunaan insulin, Anda akan mengenali tiga istilah: onset, waktu puncak, dan durasi. Onset adalah waktu kerja yang dibutuhkan insulin untuk memulai menurunkan gula darah. Waktu puncak adalah waktu saat insulin tersebut berada pada kekuatan maksimal, dan durasi adalah lama kerja insulin.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai tipe insulin yang berbeda-beda. Apabila Anda membutuhkan kombinasi dua macam insulin, silahkan bicara dengan dokter Anda untuk mendapatkan sediaan campuran, atau premixed.

Rapid-acting insulin atau insulin kerja-cepat mulai kerja dalam 15 menit setelah disuntik ke dalam tubuh, memuncak sekitar 1 jam, dan berlangsung kerja selama 2 hingga 4 jam. 

Insulin regular atau kerja-pendek biasanya masuk ke dalam aliran darah dalam 30  menit, memuncak sekitar 2 hingga 3 jam, dan berefek selama 3 hingga 6 jam setelah disuntik.

Insulin intermediate-acting atau kerja-menengah biasanya mencapai aliran darah 2 hingga 4 jam setelah disuntik, memuncak 4 hingga 12 jam kemudian, dan efeknya berlangsung sampai 12 hingga 18 jam. 

Insulin kerja-panjang mencapai aliran darah beberapa jam setelah disuntik dan cenderung relatif stabil menurunkan gula darah secara merata selama 24 jam.

Membicarakan jenis-jenis obat yang diresepkan dan bagaimana cara kerjanya dengan dokter Anda dapat meningkatkan pemahaman Anda. Memiliki pikiran yang terbuka juga akan membantu dalam mendapatkan obat yang tepat.

Sumber: https://www.diabetes.org/diabetes/medication-management

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *