Empat Siasat Mengatasi Kejenuhan Minum Obat

1 min read

Pada pasien diabetes mellitus, seringkali diet dan aktivitas jasmani belum cukup untuk mengendalikan kadar glukosa darah. Oleh sebab itu, dibutuhkan peresepan obat tertentu untuk menurunkan kadar glukosa agar normal. Pengobatan yang diberikan bisa lebih dari satu atau bahkan harus melakukan penyuntikan yang terkesan menakutkan bagi. Dalam mengendalikan kadar gula darah, dibutuhkan kepatuhan dalam menjalani pengobatan diabetes. Kepatuhan minum obat diharapkan dapat menjaga kadar gula darah dalam batas normal secara berkelanjutan.

Berikut 4 hal yang dapat meningkatkan kepatuhan minum obat:

Ketahui Obat yang Akan Diminum

Pasien diabetes mellitus yang minum obat tidak rutin, seringkali disebabkan karena tidak tahu obat apa yang dikonsumsi. Pasien hanya merasa sakit dan harus minum obat. Di sini dibutuhkan peranan aktif dari pasien dan keluarga untuk menggali informasi dari tenaga kesehatan guna mendapatkan penjelasan tentang lebih banyak mengenai penyakit diabetes, bagaimana progresivitas penyakitnya dan tujuan diberikan masing-masing obat yang akan dikonsumsi. Dengan memahami kondisinya dan peranan obat terhadap dirinya, diharapkan pasien  mengkonsumsi obat yang diberikan dokter secara rutin.

Ketahui Hasil Pengobatannya

Obat yang akan dikonsumsi oleh pasien diabetes, nantinya akan dikonsumi dalam jangka waktu yang lama, untuk itu dibutuhkan kontrol secara rutin terhadap kondisi penderita. Saat kontrol, penderita hendaknya menanyakan hasil evaluasi terhadap pengobatan. Apabila terjadi penurunan, hendaklah penderita melakukan evaluasi terhadap pengobatan yang telah dilakukan sebelumnya. Sedangkan apabila terjadi perbaikan, juga harus disampaikan untuk memberikan motivasi kepada penderita untuk melanjutkan pengobatan.

Ketahui Cara Penggunaan Obat yang Benar

Pasien terkadang menyerah dan memutuskan untuk tidak rutin mengkonsumsi obat, dikarenakan merasa sebelumnya sudah mengkonsumsi obat tepat waktu namun tidak ada perbaikan kondisi. Sebaiknya lakukan konsultasi kepada tenaga kesehatan, apakah cara mengkonsumsi obat sudah benar sesuai aturan. Hal ini untuk mencegah timbulnya efek samping yang tidak diinginkan seperti hipoglikemia (gula darah turun di bawah normal) dan tidak tercapai target gula darah.

Dukungan Keluarga

Mengkonsumsi beberapa obat dalam jangka waktu yang lama acapkali membosankan dan membuat putus asa. Peranan keluarga sangat dibutuhkan untuk memberikan support baik berupa dukungan semangat serta pendampingan untuk memastikan obat yang diberikan diminum tepat waktu sesuai arahan. Dengan pendampingan keluarga pasien tidak akan merasa sendirian dan membangkitkan motivasi untuk sembuh.

(Nov/RR)

5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *