3 Cara Menghindari Absen Kerja Karena Sakit

1 min read

cara menghindari absen kerja karena sakit

Musim penghujan identik dengan rendahnya daya tahan tubuh seseorang. Tak heran ketika musim ini tiba banyak orang yang mendadak flu atau demam, meski hanya tertular teman sekantor atau keluarga. Untuk itu setiap orang perlu waspada dan melakukan berbagai tindakan preventif agar tak jatuh sakit karenanya.

Sayangnya tak banyak orang yang tahu rahasianya agar tak gampang jatuh sakit. Apalagi kekuatan sistem antibodi atau daya tahan tubuh seseorang tentunya berbeda-beda. Perbedaan terjadi bukan hanya karena beda orang, namun juga bisa terjadi akibat perbedaan pola makan dan aktivitas.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sekuat apa antibodi yang terdapat dalam tubuh. Dikutip dari Webmd pada Jumat (28/2/2014), beberapa kebiasaan sehari-hari ini bisa menandakan jeleknya sistem kekebalan tubuh Anda:

1. Tidur kurang

Jika Anda sering mengidap flu atau demam, bisa jadi karena porsi tidur Anda yang kurang. Kekurangan waktu tidur dapat meningkat hormon sres pada tubuh, sehingga mengurangi jumlah antibodi yang dibuat.

2. Jarang olahraga

Jarang berolahraga menyebabkan antibodi yang dibuat oleh tubuh jauh berkurang. Pasalanya, dengan berolahraga, hormon-hormon yang berguna sebagai antibodi dapat diperbaharui karena tubuh membakar kalori dan lemak jenuh. Berolahraga juga mengurangi risiko Anda terserang penyakit.

3. Makan tidak sehat

Makan atau minum tanpa mengetahui kadar gizi yang dikandung dapat menyebabkan antibodi pada tubuh melemah. Pasalanya terlalu banyak gula, garam dan msg dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Buah dan sayur dipercaya banyak memiliki gizi yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun tidak hanya buah dan sayur, saripati ayam juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih sehat. Benarkah?

Penelitian tentang hubungan antara saripati ayam dengan sistem kekebalan tubuh dilakukan oleh para peneliti dari The Hongkong Polytechnic University. Yan Chun Man, ketua tim peneliti, mengatakan bahwa saripati ayam sering kali digunakan oleh masyarakat China sebagai obat.

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal kesehatan polyu.edu.hk. Yan membuktikan bahwa ada hubungan antara saripati ayam dengan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, orang yang rajin mengonsumsi saripati ayam memiliki sistem imunitas yang lebih banyak dan lebih baik.

“Saripati ayam menimbulkan reaksi pada sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, sangat bagus jika dikonsumsi untuk mengurangi tertular penyakit karena infeksi virus atau bakteri,” tutur Yan dalam jurnalnya.

sumber: https://health.detik.com/ulasan-khas/d-2511272/sering-absen-kerja-karena-gampang-sakit-kenali-diri-anda-sendiri

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *