Cara Efektif Mengontrol Gula Darah

1 min read

cara mengontrol gula darah untuk diabetes

Orang yang memiliki diabetes, sering dirujuk sebagai “diabetesi”, sebisa mungkin perlu memastikan agar kadar gula darah mereka tetap stabil. Pasalnya, gula darah yang tidak teratur (entah itu terlalu tinggi atau terlalu rendah) dapat berisiko tinggi menimbulkan macam-macam komplikasi diabetes yang bisa berakibat fatal. Berikut tips sederhana nan berguna bagi para diabetesi untuk menjaga kadar gula darah selalu dalam batas wajar.

Tips untuk diabetesi menjaga kadar gula darah tetap normal

1. Rajin-rajin cek gula darah

Cobalah untuk mengukur kadar gula setiap hari. Hasil dari cek gula darah rutin dapat Anda jadikan acuan tentang perkembangan kondisi Anda. Apakah semakin lama kadar gula darah Anda semakin membaik dan terkontrol, atau justru makin memburuk.

Rutin cek gula darah juga akan membantu Anda mengetahui bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap makanan tertentu, sehingga Anda dapat mengatur ulang menu makan Anda jika diperlukan.

2. Olahraga rutin

Aktivitas fisik adalah bagian penting dalam mengatasi diabetes dan menjaga kadar gula darah tetap normal. Olahraga rutin dapat membantu tubuh Anda menggunakan insulin (hormon yang membantu tubuh Anda mengolah energi dari makanan yang Anda makan), membakar kalori dan membangun otot, untuk membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan ideal, hingga .engurangi risiko penyakit jantung dan beberapa tipe kanker yang mungkin muncul sebagai komplikasi diabetes.

Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk diabetes adalah renang, yoga, jalan-jalan sore, dan hiking. Jangan lupa untuk cek kadar glukosa darah sebelum dan sesudah olahraga untuk membantu Anda mengetahui manfaat dari aktivitas yang Anda lakukan. Anda juga dapat menggunakan hasil pemeriksaan glukosa darah Anda untuk melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap aktivitas yang berbeda.

3. Kurangi berat badan

Kadar gula darah diabetesi akan lebih bisa dikendalikan apabila Anda memiliki berat badan yang sehat, tidak berlebih tapi tidak juga kekurusan. Dr. Joseph Aloi, seorang ahli endokrinologi, merekomendasikan diabetesi untuk memangkas 2-5 kilogram berat badannya untuk meraih manfaat positif bagi keseimbangan kadar gula dalam darah.

4. Kurangi makan gula

Dr. Aloi juga merekomendasikan para diabetesi untuk menjalani diet bebas gula untuk menjaga kadar gula darahnya tetap stabil. Sebagai gantinya, perbanyak makan makanan tinggi protein dan serat, semisal seperti buah yang kandungan gulanya rendah serta sayuran hijau.

5. Hindari hal yang membuat Anda stress

Tubuh dan pikiran yang stress dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat akibat pelepasan hormon kortisol yang terlalu banyak. Stres menyebabkan Anda ngidam makan makanan manis terus-terusan, yang makin membahayakan kondisi Anda. Olahraga dan meditasi dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres berlebihan.

6. Istirahat yang cukup

Beristirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan ketika Anda kurang tidur ritme sirkadianakan terganggu sehingga memicu perubahan hormon tubuh, termasuk insulin yang mengatur gula darah. Pada akhirnya, kurang tidur akut dapat meningkatkan risiko diabetes.

sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/menjaga-kadar-gula-darah-normal-2/

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *