7 Tips untuk Membaca Informasi Nutrisi

3 min read

Apa perbedaan antara karbohidrat dan gula? Bagaimana cara mengenali yang baik dari lemak jahat? Poin inti berdasarkan seorang profesor nutrisi dan ahli gizi.

                Sejak awal April 2019, logo nutrisi Nutri-score baru (juga disebut “5C” untuk 5 warna – color) telah ditempelkan pada produk makanan. Sejak 13 Desember 2016, peraturan Eropa INCO (Informasi Konsumen – INformation des COnsommateurs) mewajibkan “deklarasi nutrisi”, yang terkadang sudah digunakan, yang mengindikasikan pada kemasan nutrisi yang dibawa oleh 100 gram atau 100 mililiter produk. Jadi yang dapat dilihat pada label nutrisi tersebut adalah:

  • Nilai energi – ditunjukkan dalam kalori
  • Jumlah lemak (lipid) – meliputi asam lemak jenuh yang berasal dari hewan atau sayuran
  • Jumlah Karbohidrat – termasuk gula
  • Jumlah Protein
  • Jumlah Garam

Terlepas dari informasi ini, tidak selalu mudah untuk memahami apa yang ada dalam makanan yang kita beli. Claire Marzin, ahli gizi dan mantan ahli teknik produksi pangan, dan Vincent Rioux, profesor nutrisi di Agrocampus Ouest, memberikan tujuh tips untuk memudahkan Anda mengenali nutrisi yang Anda konsumsi.

Lihat Angka Kalori

Istilah Kalori digunakan oleh semua orang, tetapi apa itu? Secara fisika kalori dikenal sebagai satuan ukuran yaitu: jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu satu gram air hingga satu derajat Celcius. Dalam nutrisi, kalori adalah jumlah panas yang dilepaskan dalam pembakaran makanan. Ini untuk menyatakan nilai energi dari makanan dalam kalori (kal) atau kilokalori (kkal). Asupan rata-rata kilokalori yang direkomendasikan adalah antara 2000 dan 2500 untuk seorang pria dan antara 1550 dan 1900 untuk seorang wanita, tetapi itu tergantung pada usia dan pengeluaran fisik orang tersebut. Mengetahui berapa banyak kalori yang disajikan dalam suatu makanan memungkinkan untuk menyesuaikan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Amati Bahan Pangan yang Terkandung

Melihat informasi yang seringkali panjang pada komposisi produk yang dibeli, Anda harus ingat hal ini: semakin pendek daftar bahan yang digunakan, semakin sederhana komposisi produk. Urutan di mana bahan terdaftar juga harus diperhitungkan, karena ini ditampilkan dalam urutan berat – bahan pertama yang ditunjukkan adalah yang hadir dalam jumlah yang lebih besar.

E500, E112 … ? Tetap Tenang Terhadap Bahan Aditif Pangan

Zat aditif makanan adalah zat yang dibagi menjadi lima golongan, yang sengaja ditambahkan ke makanan untuk melakukan fungsi teknologi spesifik tertentu: pewarna (E100 hingga E199), pengawet (E200 hingga E299), antioksidan (E300), penambah rasa (E600) dan agen tekstur (E400). Sebelum disetujui oleh Komisi Eropa, aditif harus dievaluasi oleh Otoritas Keamanan Makanan Eropa (AESA – l’Autorité européenne de sécurité des aliments). Atas dasar ini, Komisi menetapkan daftar aditif resmi dan menunjukkan makanan yang dapat ditambahkan, serta dosis maksimum yang akan digunakan. Hanya zat aditif dalam daftar ini yang dapat ditambahkan ke makanan. Selain itu, tidak semua aditif adalah zat buatan: asam sitrat (E330), misalnya, yang ditemukan secara alami dalam lemon, digunakan untuk kualitas antioksidannya. Zat aditif harus muncul pada kemasan di bawah nama kimianya atau di bawah nomor kode.

Memilih Bahan Lemak dengan Baik

Lemak jenuh (mentega, krim, minyak kelapa sawit) meningkatkan kadar kolesterol LDL, yang akhirnya dapat menumpuk di dinding arteri. Selain itu, mereka tidak bermanfaat untuk diet kita karena tubuh kita dapat memproduksinya secara alami. Di sisi lain, ada tiga asam lemak tak jenuh yang diperlukan untuk metabolisme kita, yang tubuh tidak dapat memproduksi sendiri: asam linoleat (minyak bunga matahari dan jagung), asam alfa linolenat (minyak lobak dan biji rami) dan DHA (asam dokosaheksaenoat, ada dalam ikan). Lemak-lemak ini adalah bagian dari membran sel kita dan berperan dalam fungsi kognitif tertentu. Sayangnya, mereka bukan bagian dari gambaran nutrisi, tidak seperti lemak jenuh. Jadi, Anda harus tahu makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Mengawasi Kadar Gula yang Terdapat Dalam Makanan

Dalam daftar nutrisi dapat terlihat jumlah total karbohidrat (karbohidrat sederhana dan kompleks) dan jumlah karbohidrat sederhana dengan garis gula – yaitu yang bersifat alami (seperti fruktosa), maupun yang ditambahkan ke makanan seperti sirup glukosa-fruktosa. Gula yang paling sering digunakan oleh produsen adalah gula meja (disebut sukrosa diekstraksi dari tebu atau bit), sirup glukosa (diperoleh dengan proses kimia dari tepung jagung atau tepung gandum) dan sirup glukosa-fruktosa (dibuat dari sirup glukosa, yang sebagian telah diubah menjadi fruktosa). Jangan lupa untuk memeriksa bahan-bahan ini untuk produk-produk manis (sereal, kue, dll) tetapi juga produk-produk asin seperti hidangan atau saus yang sudah disiapkan! Kelebihan gula dalam jangka panjang lebih menguntungkan diabetes, obesitas, penyakit kardiovaskular, bahkan juga perkembangan kanker tertentu.

Waspadai Produk 0%

Jika suatu produk tidak mengandung lemak, mereka sering mengandung gula dalam jumlah besar. “Gula atau lemaklah yang memberi rasa pada suatu produk. Bagi seorang industrialis, menghilangkan lemak identik dengan peningkatan jumlah gula, sehingga tidak menawarkan produk hambar kepada konsumen”, kata ahli diet Claire Marzin. Jadi, seperti yoghurt, yang tertulis “0% lemak, protein dua kali lebih banyak” dan yang mengandung lapisan selai, terbukti memiliki jumlah kalori yang sama dengan makanan penutup susu dengan vanila! Dalam hal ini, lebih baik memilih keju putih klasik.

Jangan Tertipu oleh Kemasan

Kemasan biru muda sering menunjukkan produk yang lebih menggugah. Namun, sinyal-sinyal ini tidak menghilangkan pembacaan label nutrisi yang cermat. “Saya perhatikan bahwa makanan penutup kompot, yang dengan kemasan biru muda, lebih manis dan karenanya lebih banyak kalori daripada yang tanpa tambahan gula, meskipun mereka tidak memiliki kemasan spesifik,” kata Claire Marzin. Begitu pula dengan produk makanan. Menurut ahli gizi, ada sereal atau cookie kebugaran sama kalorinya dengan produk konvensional. (Rezdy/RR)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *